on

Buah sirsak – Diskripsi tentang Manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan.

Buah sirsak, siapa yang tidak kenal dengan buah sirsak,buah, yang mempunyai duri yang lembut, tidak berbau, Isinya memiliki banyak biji, memiliki rasa manis dan asam asam dan sering juga dibuat jus. Di Indonesia buah ini sering disebut dengan nangka belanda atau durian belanda. Dahulu sewaktu zaman kolonial Hindia Belanda yaitu pada abad 19, buah ini dibawah oleh pemerintah Belanda ke Nusantara. Negeri asal buah sirsak adalah Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
Buah sirsak annona moricata l
Buah sirsak
Nama latin dari buah sirsak adalah Annona muricata L , sedangkan nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Tinggi pohon sirsak dapat mencapai 4- 6 meter, dan pada saat ini pohon sirsak dapat ditemukan hampir di semua hutan tropis. Ciri dari pohon sirsak ini memiliki daun hijau terang, bunga kuning dan tumbuh pada batang dan cabang. Buah sirsak berbentuk oval ,berwarna hijau pucat dan beratnya antara 2 sampai 3 kilogram dan berbuah sepanjang tahun.

Tanaman pohon sirsak secara umum ditanam untuk diambil buahnya. Tumbuhan ini paling baik ditanam di daerah yang cukup berair dan di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Buah sirsak adalah adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah.

Kandungan gizi dari tanaman sirsak

Buah sirsak yang segar mengandung banyak karbohidrat, fruktosa, serat, lemak, vitamin dan protein. Buah ini juga merupakan sumber yang luar biasa dari vitamin C dan merupakan sumber vitamin B1, B2, B3, B5, B6, zat besi, magnesium dan kalium. Biji dari buah sirsak bisa digunakan sebagai bahan insektisida dan bijinya mengandung racun seperti biji srikaya.
Saat ini kegunaan dan manfaat dari tumbuhan sirsak bukan terbatas pada buahnya saja, tetapi juga pada daun sirsak. Daun sirsak banyak diketahui mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh,bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Daun Sirsak

Pemanfaatan daun sirsak bagi kesehatan telah dilakukan pada masyarakat kuno untuk mengobati penyakit. Daun sirsak secara tradisional digunakan sebagai obat untuk darah tinggi tekanan. Seiring dengan perkembangan zaman  sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker.
Bunga sirsak dan daunnya
Bunga dan daun sirsak
Berdasarkan penelitian para ahli di National Cancer Institute batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Hal ini disebabkan harena daun sirsak mengandung senyawa proaktif penghancur sel sel kanker, yang jarang ditemukan pada buah lain. Daun sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas.
Perlu di ingat bahwa klaim ini dinyatakan berhasil dalam uji coba laboratorium, dan untuk uji coba pada Manusia belum ada bukti secara medis. Pada saat ini sudah banyak tersedia extrac daun sirsak di pasaran baik yang dibeli melalui apotik atau secara online dengan harga terjangkau.
Perlu diketahui bahwa artikel diatas mungkin tidak akurat atau tidak lengkap. Artikel diatas hanya bertujuan memberikan berkontribusi untuk pemahaman publik yang lebih baik tentang kesehatan dan penyakit dan tidak dapat mengarah pada diagnosis atau pengobatan atau terkait dengan keluhan pribadi atau kondisi. Oleh karena itu Anda harus menghubungi dokter keluarga Anda atau dokter.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,mohon berkomentarlah dengan baik dan sopan.

 

About Blog Holtikultura

Blog Holtikultura adalah blog yang ingin berbagi tentang budidaya, manfaat dan khasiat tanaman holtikultura.

Total Tayangan Halaman