on

Buah naga manfaat dankhasiatnya untuk kesehatan.

Buah naga atau dalam bahasa inggris disebut dragon fruit adalah jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Asal buah ini adalah Negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pada saat ini buah naga banyak  dibudidayakan di Asia Timur, Asia Selatan dan negara-negara Asia Tenggara seperti Kamboja, Thailand, Taiwan, Malaysia, Vietnam, Sri Lanka, Filipina, Indonesia, dan Bangladesh. Selain Negara Asia buah naga juga ditemukan di Okinawa Jepang, Kepulauan Hawaii, Israel, Australia bagian utara, China bagian  selatan dan di Siprus.

Tanaman Buah Naga Merah
Buah Naga
Istilah buah naga berasal dari orang Vietnam dan orang Cina, yang mengangap buah ini selalu membawa berkah, sehingga  buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam dikenal sebagai thang loy (buah naga).
Varietas buah naga yang di kenal ada 3 jenis yakni :
1. Hylocereus undatus . Buah ini memiliki cirri buah merah berkulit dengan daging putih. Ini adalah "buah  naga" yang   paling sering terlihat.
2. Hylocereus costaricensis.  Buah naga ini memiliki ciri buah merah berkulit dengan daging merah.
3. Hylocereus megalanthus . Buah ini memiliki  cirri buah berkulit kuning dengan daging putih.
Ciri ciri Tanaman buah naga adalah memiliki akar, batang, duri, bunga, dan buah, sedangkan buahnya bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Buah biasanya mempunyai berat 150-600 gram; beberapa mungkin mencapai satu kilogram.
Bentuk batang buah naga adalah segitiga dengan duri tidak mencolok dan bunga dari buah ini mekar pada awal senja. Bunga buah naga bentuknya seperti corong dan terbuka penuh pada tengah malam, karena itu buah naga dikenal sebagai night blooming cereus. Bunga buah naga biasanya layu pada pagi hari.
Untuk pembumidayaan buah naga dilakukan dengan cara stek atau penyemaian biji buah naga.   Buah naga akan berbuah dibutuhkan waktu umur 11-17 bulan. Buah naga akan tumbuh baik  di berbagai daearah dengan ketinggian di 0-1200 m dpl, yang terpenting  adalah tanaman buah naga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.
Buah naga yang dikomsumsi adalah daging buahnya, yang rasanya agak manis dan memiliki kandungan kaori yang rendah. Tekstur buahnya sering disamakan dengan buah kiwi
Biji buah naga kaya akan lipid dan memiliki rasa pedas. Jika  dimakan bersama dengan daging buahnya, bijinya harus dikunyah karena sulit dicerna oleh tubuh. Selain dimakan langsung, buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman seperti sup, salad, keripik, agar-agar, jus buah, bubur mutiara, dan sebagainya.
Buah naga merah adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman buah naga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat, mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulitnya. Manfaat mengkomsumsi buah naga, diantaranya untuk mencegah penyakit kanker, membantu menyembuhkan penyakit diabetes, menjaga stamina, mencegah penyakit osteoporosis menurunkan kadar kolesterol.
Demikianlah artikel saya tentang Buah naga manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,mohon berkomentarlah dengan baik dan sopan.

 

About Blog Holtikultura

Blog Holtikultura adalah blog yang ingin berbagi tentang budidaya, manfaat dan khasiat tanaman holtikultura.

Total Tayangan Halaman